Isotonik hanya untuk orang yang beraktivitas berat

Apa benar minuman isotonik mampu menggantikan cairan tubuh? HMM...
Langsung az lah w kasih intinya :
  1. Minuman Isotonik gak bisa di konsumsi secara sembarangan atau keseringan, karena minuman ini mengandung garam natrium ( NaCL ) atau Natrium Klorida. Terlalu banyak NaCL, dapat menyebabkan HIPERTENSI a.k.a DARAH TINGGI. ( Pendapat ini disampaikan oleh Fransiska Rungkat Zakaria, Dosen pada Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB ).
  2. Pada minuman yg mengandung zat ini, pada kemasannya biasa tertulis mengandung Na dan CL. Nah kedua ion ini sama seperti ion NA dan CL yang terkandung pada Sayur Lodeh.
  3. Menurut Fransiska, garam yang biasa kita pakai pada memasak sudah cukup untuk mengganti garam yang keluar dari tubuh melalui pori pori kulit. Bahkan bisa sampai berlebih pula.
  4. Untuk kondisi normal, tubuh orang dewasa hanya perlu 2,3 gram natrium per hari , kloridanya 50 – 100 mg per hari. Pada anak anak, kebutuhannya lebih sedikit.
  5. Jika memasak tanpa garam pun, kebutuhan Na Cl sudah terkandung pada bahan makanan. Contohnya 1 ons daging merah mengandung 70 mg Natrium, 10 ons nasi juga mengandung 10 mg natrium. juga bahan makanan seperti Telur, daging Ayam, Kacang2 an, Buah dan Sayur.
  6. Pada kondisi NORMAL, Tubuh kita tidak memerlukan pengganti cairan tubuh. Minuman isotonik lebih cocok di konsumsi atlet yang menggeluti olahraga berat, karena kebutuhan mereka memang lebih tinggi akan ion2 ini. Meski begitu, minuman isotonik hanya ditambahkan bagi ATLET, jika kebutuhan Na Cl dari makanan dirasa kurang.
  7. Penelitian di negara negara maju, konsumsi makanan 3 x sehari ( pada ukuran porsi atlit ), sudah mengandung 6 gram Natrium.

Nah pada iklan iklan minuman isotonik di TV, model yang digunakan adalah memakai orang orang biasa dan masyarakat umum (non atlet) sebagai konsumennya. Meminum minuman ini juga di gambarkan ditenggak atau di minum pada kondisi biasa, juga bahkan di sebutkan ( tanpa diperjelas kondisinya ) seolah-olah bahwa minuman isotonik ini lebih baik dari air biasa.

Jadi mendingan minum air putih aja aghh... g.e.r.a.t.i.s !!
(Dari sumber untuk kesehatan)

Comments

Popular posts from this blog

Cara Memindahkan Gambar AutoCAD ke Word

Manfaat Wirid Surat AL FATIHAH

Cara Mengatasi AcroRd32.exe Yang Error

Tips Agar Terhindar Dari Kehilangan Pulsa

Menghilangkan Microsoft Office Upload Center Dari System Tray

Teknologi Baterai Masa Depan

SEDIKIT PENJELASAN TENTANG APA ITU RUH ?

Luar Biasa Manfaatnya Dari Hanya Surat Al - Ikhlas

Tips Agar Tidak Dikenakan Batasan Kuota Modem AHA

Cara Maksimalkan Koneksi Modem AHA Di Win 7